Obrolan tadi pagi :
Aku : Ma, kenapa ya kalo ada anak ditanyain cita-citanya
apa, atau kalau besar pengennya jadi apa, terus jawab “Aku mau jadi guru..”
kebanyakan orang tuanya pasti nambahin.. “Jadi dokter aja Nak, dokter itu mulia”.
Atau “Iya, jadi gurunya mahasiswa ya, jadi dosen.” Kesannya kaya jadi guru itu
bukan pilihan pertama.
Mama : Iya, trus nanti waktu uda mau kuliah bilangnya, “Uda
cobain yang lain dulu.. nanti kalo nggak terima mana-mana baru coba pendidikan
guru..”
Aku : Bangeet Maa.. hehe. Separah itu kah jadi guru?
Mama : Yah mungkin pandangan orang tua, jadi guru itu
gajinya rendah, nggak sebanding sama kerja kantoran atau kerja Bank. Apalagi
guru swasta, bukan PNS, gajinya berapa.. PAUD di sebelah rumah itu, padahal
muridnya banyak kan, gaji gurunya paling nggak sampe 300 ribu sebulan. Orang
tua kan takut hidup anak-anaknya jadi nggak sejahtera.
Aku : 300 ribu sebulan Ma? Makan apa Ma? Itu di luar uang transport
kan?
Mama : Sayangnya, itu sudah sama transport. Ya memang segitu
gajinya. Akhirnya efeknya ke muridnya. Waktu gajinya uda habis, dan tanggungan
di depan mata, guru itu ngajarnya jadi bentak-bentak, marah-marah terus. Ya
wajar, kebutuhan hidupnya nggak terpenuhi. Waktu ngajar jadi nggak konsentrasi,
kepikiran gimana cara bayar hutang, gimana cari uang tambahan..
Aku : Iya sih Ma, balik-balik lagi soal gaji ya. Padahal kan
uda ada sertifikasi, uang impasing, banyak lah tunjangan buat guru..
Mama : Iya, sertifikasi emang membantu banget, apalagi kalo
dapet impasing, bisa 2x lipat dapetnya. Tapi dapet sertifikasi itu juga ga
jamin kualitas gurunya.. Apa ya, kesannya kaya cuma ngejer gaji aja.. padahal sertifikasi
itu kan tunjangan, bisa kapan aja dicabut sama pemerintah. Jadi kaya ketakutan
gitu uang sertifikasinya dicabut, jadi syarat birokrasi yang ribet mau nggak
mau diturutin demi tetep dapet sertifkasi. Akhirnya ngajarnya nggak maksimal..
Aku : Iya tapi itu kan haknya Ma. Uda rejekinya.
Mama : Iya, Mama tau. Tapi ya seharusnya emang pola
penggajiannya aja yang dirubah. Kalo patokan gaji guru uda di atas rata-rata,
akhirnya kualitas guru yang tersaring dari awal memang uda maksimal. Akhirnya
anak-anak muda, orang-orang profesional, mau terjun ngajar anak TK, anak
Playgroup, anak SD. Di Finlandia dan negara-negara yang memang memperhatikan
pendidikan itu anak Playgroup – TK diajar langsung sama professor. Mereka bener-bener
peduli bagaimana caranya otak anak dibangun secara maksimal di usia golden
agenya..
Aku : Masalahnya Ma, di Indonesia ini, pendidikan belum jadi
hal yang paling utama buat dipikirkan. Masih setengah-setengah. Jadi guru
selalu dipandang sebelah mata. Banyak sih PR nya, nggak bisa nyalahin
pemerintah juga. Masyarakatnya sendiri juga belum bener-bener yakin kalo
pendidikan itu jalan keluar dari setiap masalah yang ada.
Mama : Iya, tapiiii bukan berarti kita harus kehilangan
semangat. Kehilangan harapan. Pasti suatu saat nanti akan tiba masanya kualitas
pendidikan, kualitas guru kita, bisa sejajar dengan negara-negara lain.
Aku : Semoga Ma, Aaamiiiin.
Obrolan-obrolan yang rada aneh, twitty, (dan semoga ada maknanya) antara saya dan Mama bisa dibaca di blog kita. Ini liknya : http://bit.ly/1MBMsml
Semoga bermanfaat :)
No comments:
Post a Comment