Sunday, July 6, 2014

Live Report in 2014 Part 1

Reading Time : 7 Minutes

Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni. Ini sudah masuk bulan Juli, tanggal 6. Sudah lewat dari setengah tahun. Umurku sudah 22 tahun lebih.
Sesungguhnya, kita semua adalah manusia yang merugi. Karena tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Let me tell you.

Oke, first. In January.
I start this blog. Dengan sejuta harapan. Aku kecewa, proses penyusunan laporan magangku sangat menyita waktu. Oke, judulku memang sulit. Dan menerjemahkan verbatim memang nggak gampang. Faktor dosen juga ada. So, dari pada aku stay dan nggak membuahkan hasil maksimal karena waktu semester yang sudah diujung tanduk. Aku selingkuh. Aku memilih buat konsentrasi ke produk wrap parcel special valentine. Proses brainstorming, selalu nggak sebentar, dan nggak mudah.

Next, February.
Produk wrap parcel sudah siap launching. Lumayan puas dengan hasilnya. Meskipun lebih ribet dan proses pembuatannya lebih panjang, tapi sudah cukup maksimal buat memenuhi rasa perfeksionisku. Orderan datang, banyak. Lebih dari ekspektasiku. Buat yang produk khusus valentine, juga produk box yang biasa disebut mini parcel. How come? I believe the power of endorsement. Aku mengendorse 7 artis instagram. Ada yang langsung cepet ngefeknya, ada yang nggak ngefek sama sekali meskipun followernya diatas 20.000. Proses endorse ini nggak gampang lo. Dari cari contact person yang real, proses nawarin barang, sampe request  khusus dari  si selebgram dan harus ekstra sabar nunggu antrian buat di posting. Ada kendala sedikit, terutama dari packaging. Intinya, semua ini proses belajar. Dan jadi owner bisnis online yang bener-bener jual produk sendiri apalagi handmade, kamu harus siap jungkir balik. Harus siap dari proses hulu sampai hilir. Harus bisa bikin produk menarik, ngasih nama produk itu, foto produk yang eye catching, marketing, list orderan, ngerjain design kartu ucapan, proses pengerjaannya, pembayaran, packing, sampai ngedrop barang ke JNE buat dikirim. Capek? Banget. Tapi seneng, soalnya aku usaha maksimal dan menghasilkan uang yang nggak sedikit dari ideku sendiri. Bayangin, orang suka, mau pesen, dan idemu yang selama ini melayang-layang di otak itu bisa jadi uang. Dan kamu nggak perlu kerja sama orang, malah kamu bisa ngasih gaji orang. Sounds amazing right?


Third, March.
Semakin berkembang wrap parcelku, semakin besar rasa guilty ku. Kenapa? Karena aku harus meninggalkan laporan magang dan skripsi. Aku harus memilih salah satu, dan aku memilih buat konsentrasi ke laporan magang dan skripsi. Bodohnya aku, aku nggak nulis close order atau off di instagram. Jadi pesenan masih terus datang, dan aku nggak bisa nolak. Buat bener-bener konsentrasi sulit sekali. Ditambah lagi harus jadi EO buat pelatihan mama selama seminggu. Pelatihan buat guru-guru TK masalah metode sentra. Dari hasil pelatihan ini aku bisa ngambil banyak sekali manfaat. Psikologi anak, tidak bisa dipisahkan dari sistem pengajaran di PAUD. Harus seimbang. Psikolog harus mau turun dan urun pendapat sama pelaku atau guru di PAUD. Nggak bisa egois sendiri-sendiri. Bahkan, aku sampe mikir gini, buat apa jadi psikolog anak kalo nggak jadi guru? Kita bukan psikiater yang bisa ngasih resep dan obat. Banyak psikolog yang bukan praktisi, jadinya sistem pendidikan masih jalannya perlahan-lahan sekali.

Baby Nufa was born. She is so beautiful. And I love to capture every moment with her. Ngeliat perkembangannya dari hari ke hari, ngeliat bagaimana keadaan keluarga bisa jadi sangat-sangat hangat dengan kehadiran seorang bayi. Oh life :) 



April. Time move so fast.
Novi sudah wisuda. Dan kerja. Zerly sudah wisuda. Wisuda dan kerja. Itu terus jadi momok yang senantiasa menghantui sampe sekarang. Rasanya dituntut buat lulus cepat dan jadi omongan orang kenapa nggak lulus-lulus itu…

Padahal semua orang tau, ada banyak faktor selain faktor kemalasan dari diri kita sendiri hehe. Tapi semua orang berlagak kaya nggak mau tau. Its oke, inilah hidup, Han. Tapi tetep rasanya pengen teriak, "Woi, seangkatan psikologi UB 2010 belum ada yang lulus woi! Yang uda sempro aja belum ada, hehe."

9 April pemilu legislatif. Nggak terlalu tertarik karena nggak ngerasain manfaat apa-apa dari adanya DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, DPRD Kota, dan DPD. Tapi tetep sebagai warga negara yang baik ya ikut nyoblos meskipun di bilik suara nggak kenal dan gatau siapa yang dicoblos hehe. 

Progress laporan magang, Alhamdulillah aku bisa ujian magang bulan ini, setelah berdarah-darah. Coba tanya anak seangkatanku, nyusun laporan magang dan ujian ini persis kaya skripsi. Belum lagi revisiannya yang seabrek. Tapi pembimbing dan pengujiku ini sama kaya pembimbing 1 dan pembimbing 2 skripsi. Hmm. Bersyukur sekaligus gundah gulana karena suruh ngelanjutin magag jadi skripsi, hmmm yummy.

19 April. Sami wisuda Assalaam. Nggak pernah ngebayangin adekku bisa lulus dari Assalaam secepat ini. Rasanya baru kemarin aku yang di wisuda. Sekarang udah Sami aja. Lucu ngeliat Sami linglung sampe berapa minggu habis lulus dari Assalaam. Jadi inget berapa tahun yang lalu aku juga kaya gitu. Rasanya antara sadar dan nggak sadar kita uda nggak perlu balik lagi ke Assalaam, dan uda nggak bisa bareng-bareng sama semua temen-temen dan keluarga Assalaam lainnya. Kaya ada jetlag, satu fase hidup sudah selesai, dan aku harus bisa siap buat fase selanjutnya, tanpa mereka. Assalaam sudah jadi rumah selama 6 tahun dan akan selalu begitu.




May, Im learn to start live again.  
Aku sadar sesadar-sadarnya, produktif itu selalu berhasil mendatangkan kebahagiaan. Mungkin karena moment-moment sebelumnya aku kecewa banget sama diri sendiri hehe. 

Berangkat dari prisip itu, aku harus bisa ngembaliin rasa percaya diriku. Rasa kecewa itu harus bisa tergantikan dengan menyelesaikan sesuatu yang awalnya aku nggak yakin bisa selesaikan. Apa ya, kalo laporan magang dan skripsi itu kan di tangan dosen pembimbing, jadi aku mutusin buat apply program di aplikasi Nike Training Club (NTC). Sebenernya sudah mulai dari bulan April sih. Tapi selalu ngos-ngosan buat ngikutin jadwalnya. Akhirnya setelah proses merenung, aku nemuin penyebabnya. Ternyata aku salah langkah. Salahnya gini, aku start program pertama kali langsung ke program get lean for intermediate dengan harapan hasilnya bisa kerasa lebih cepet. Ternyata badanku masih nggak siap dan kaget sama ritme olahraga yang cukup banyak dalam seminggu. Jadi mulai dari bulan Mei aku apply program baru, get lean for beginner. Semuanya itu ada prosesnya dan harus dimulai dari yang paling mudah dulu kan. Dan, aku berhasil bener-bener komitmen sama jadwalnya selama sebulan. Akhir Mei, aku dapet laporan progressku selama sebulan ini. Olahraga, berkeringat, dan tau kamu melakukan hal yang bermanfaat buat tubuhmu itu berhasil buat hidup lebih bahagia. Berhubung uda workout, rasanya nanggung banget kalo nggak hidup sehat juga. Lemon jadi my new bestfriend :) Try this!

Selain workout pake NTC, aku juga apply kelas di Coursera, ambil mata kuliah Developing Innovative Ideas for New Companies : The First Step in Entrepreneurship dari Universty of Maryland. Waktu kuliahnya 6 minggu. Tiap minggu ada 4-7 video yang harus diliat, dan ada assignment tiap minggunya. Kuliahnya seru banget. Dan ini kuliah kedua yang aku apply di coursera. Sekitar setahun yang lalu, aku pernah apply dan gagal di tengah jalan. Jadi besar harapanku di kuliah yang ini aku bisa bener-bener maksimal agar perasaan nggak produktif dan terkikisnya rasa percaya diriku pelan-pelan ilang hehe. The result is, aku berhasil ngikutin sampe minggu ke 4. Selalu apply assigmentnya di menit-menit akhir dan hasilnya selalu sangat memuaskan, tapi nilainya selalu dikurangin soalnya kena pinalti hehe. Cara ngajar dosennya, dan suasana kelas perkuliahan di sana beda banget sama di Indonesia. Aku masih kecewa sama progress kuliah onlineku, tapi setidaknya aku sudah berusaha :)


June, my month.
Im 22th in 17th June this year. Dan aku sangat-sangat nggak nyaman sama semua proses ulang tahun. Sampe-sampe aku pengen ngeskip hari ulang tahunku. Nggak tau kenapa. Aku nulis real time di tumblrku. Aku tegang berlebihan. 
Noted : Jangan pernah menghabiskan waktu malam ulang tahun sendirian dengan pikiran-pikiran yang kemana-mana. Itu membunuhmu pelan-pelan. 

And I start this project. Setiap ulang tahun, aku harus foto dengan pose membawa foto masa kecil, dan foto ini akan aku cetak untuk jadi properti foto di hari ulang tahunku tahun depan. Oiya, kostum fotonya yang paling mencerminkan keadaanku saat itu. Karena kemarin aku lagi addict sama workout NTC, jadi aku milih buat pake baju olahraga hehe. Foto ini dijepret sama mama, pake iphone di lorong rumahku, tempat biasanya aku lari :)

Nina wisuda! My lovely cousin was had "S.Kg" after her name. Alhamdulillaah :) Semoga cepet nular ya hehe.

Aku apply lagi program NTC get lean for intermediate. Dan Alhamdulillah aku bisa bertahan sampe akhir. 
Noted : I will tell you, to start a good habbit we always have many excuse in our mind. Yang paling sering karena nggak ada fasilitas. Misalnya nggak ada sepatu running, nggak punya training, nggak ada playlist lagu yang cocok. Kalo kita selalu nurutin itu semua, kapan mulainya? Aku mau cerita komplit masalah ini di postingan selanjutnya ah.


No comments:

Post a Comment

< > Home
Powered by Blogger.
Passion Journal © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.