Wednesday, September 9, 2015

DON'T SWEAT THE SMALL STUFF

image from here
Kemarin pagi, saya niatkan buat kirim pesanan yang sudah saya janjikan buat dikirim hari itu. Tapi waktu mau finishing, saya baru sadar kalo kain yang saya pakai kali ini jauh berbeda dengan kain-kain sebelumnya. Tampilan flower emojinya jadi sedikit berbeda. Padahal saya uda beli 'kain yang beda' itu dalam jumlah yang cukup banyak. Di moment-moment seperti itu, rasanya mental, emosi, tenaga dan pikiran saya sedang diuji. Pengen nangis. Akhirnya saya berusaha cooling down dengan tiduran sebentar daripada air mata mengalir. Lebay ya? Hmm coba rasain sendiri sensasinya. Keburu pesenan harus dikirim, ternyata kainnya salah, dan uda nggak ada budget buat beli kain lagi.

Sedihnya, di saat-saat kaya gitu, meskipun saya tau ini benar-benar kesalahan saya, tapi tetap ada keinginan buat nyalahin orang lain. Buat nggak ngakuin kalo cuma saya yang seharusnya bertanggung jawab. Waktu beli kain kemarin saya kan ditemani Mama, sebelum deal beli saya sempat tanya Mama, "Ma, bener yang ini kan?" trus Mama jawab "Emm, iya kayanya Han, alurnya, tebelnya sama kok". Akhirnya sambil tiduran saya SMS Mama, "Ma, kain kemarin ternyata salah Ma. Nggak bisa dipake. Padahal mau aku kirim bentar lagi." Setelah SMS terkirim, saya baru mikir banyak. Tujuan saya SMS ini apa? Biar Mama ngerasa bersalah juga? Biar rasa bersalah ini bukan cuma aku yang nanggung? Biar Mama bilang, "Maaf ya Han, seharusnya Mama tau kalo kain itu nggak sama", Atau apa?

Saya berusaha menyugesti diri saya sendiri. Han, ini cuma hal kecil. Kamu bisa aja nangis sekarang, atau kamu bangun pergi ke toko kain lagi, dan buat dari awal lagi. Masalah selesai. Kalo kamu cuma tiduran, berusaha nyalahin orang lain, masalahnya nggak akan selesai. Duit, modal, budget, apapun itu bisa dicari. Kamu uda komitmen dari awal buat bisnis, berarti untung, rugi, gagal, sukses, pun juga bakal setia datang silih berganti. Jangan ributin hal-hal kecil kaya gini. Jangan besar-besarin hal-hal yang kamu uda tau solusinya harus kaya gimana.

Thanks God, one lesson learned.


No comments:

Post a Comment

< > Home
Powered by Blogger.
Passion Journal © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.