Monday, February 27, 2017

TRY TO MEET YOUR OWN EXPECTATION : THE IDEAL WEEK

 from here


Bagaimana sih seminggu ideal versimu? Bagaimana kamu memulai hari? Bagaimana senin nya? Bagaimana weekend nya? Pasti punya bayangan kan? Saya pun.

Di awal minggu seperti ini, biasanya Minggu malam Senin, atau Senin pagi seperti ini. Saya punya segudang expectation bagaimana minggu ini akan saya jalani. Tapi seringnya, harapan hanya menjadi harapan. Saat menjalaninya, adaa saja hal-hal kecil yang akhirnya minggu itu saya merasa nggak bisa maksimal, atau saya merasa seharusnya saya bisa lebih produktif dari itu. 

Selalu seperti itu, minggu demi minggu, hari demi hari. Sampai rasanya saya malu sama diri sendiri. Saya malu menjanjikan hal-hal yang nggak bisa saya penuhi ke diri saya sendiri. Akhirnya saya merasa malas mau melakukan sesuatu. Aduh, pokoknya menjalar ke banyak hal. 

Sampai ide ini tiba tadi malam sebelum tidur. Bagaimana sih minggu yang ideal menurut saya? Mengapa nggak coba didetailkan satu persatu, kemudian berusaha sekuat tenaga buat memenuhi itu semua? Sesusah apa sih "seminggu ideal" yang saya punya? Mungkin kalau saya tulis di blog, dan memberi tantangan ke diri saya sendiri, yang bisa dibaca oleh banyak orang, saya berhasil memenuhi versi "seminggu ideal" ala saya. 

Let's try! Tapi sebelumnya, saya akan breakdown satu persatu, kira-kira apa saja kriterianya. Pertama, kualiatas ibadah. Saya akan merasa sangat nyaman kalau minggu itu saya bisa sholat tepat waktu, menjalankan sholat sunnah, dan mengaji rutin. Saya menyempatkan waktu untuk dzikir dan berdoa setelah sholat juga akan membuat pikiran lebih tenang. Kedua, saya tidak tidur lagi setelah shubuh, dan produktif di sela waktu setelah sholat sampai ke kampus. Ketiga, saya buat list mingguan, task apa saja yang harus saya selesaikan minggu ini di evernote, dan mencentang hampir sebagian besar dari task itu di akhir minggu. Keempat, kamar saya senantiasa bersih, nggak ada semut, dan rapih. Kelima, saya olahraga minimal sejam sehari. Hal ini bisa terwujud kalau saya nggak order ojek online buat ke kampus, atau naik bis kuning sekali (pergi atau pulangnya saja), selebihnya saya jalan kaki, kemudian dilanjut yoga kurang lebih 10 menit di kamar. Keenam, tugas-tugas kampus bisa diselesaikan dengan baik, saya punya bahan untuk diskusi dengan dosen di kelas, saya nggak "in rush" sampai kampus. Catatan lengkap dan rapih. Keetujuh, saya makan sayur setiap hari, dan nggak konsumsi kafein setiap malem. Maksimal konsumsi kopi seminggu 2x. Kedelapan, saya tidur nggak lebih dari jam 11 malam. Kualitas tidur maksimal. 

Banyak ya kalo breakdown seperti di atas. Ideal versi saya tampaknya susah sekali ya.. Apa saya harus menurunkan standart? Okelah, mungkin iya. Tapi untuk uji coba try to meet your own expectation versi pertama ini, ijinkanlah saya untuk berjuang memenuhi standart yang sudah saya tetapkan agar bisa mewujudkan minggu ideal versi saya sendiri. Let's try!

No comments:

Post a Comment

< > Home
Powered by Blogger.
Passion Journal © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.