Monday, February 20, 2017

YOU REALLY NEED SLEEP


Saya pernah tertidur saat menyetir motor beberapa tahun lalu. Benar-benar tertidur beberapa detik, kemudian bangun karena denger klakson mobil yang bukan ditujukan buat saya. Motor saya tetap jalan di tengah jalan yang memang agak lenggang pagi itu. Nggak berubah haluan tiba-tiba mau masuk ke selokan misalnya. Jadi kalau klakson mobil itu nggak berbunyi, mungkin saya bisa tidur lebih lama lagi sambil nyetir motor.

Beberapa hari terakhir ini saya konsisten tidur di atas jam 2 malam. Kemudian bangun sebentar untuk sholat, dan tidur lelap lagi sampai tergopoh-gopoh mengejar kelas pagi.

Di tulisan ini saya mau cerita, ternyata setelah 4 hari dengan pola seperti itu, saya menyadari bahwa tidur yang nggak berkualitas bukan cuma jadi penyebab ngantuk di pagi hari. Tapi ada banyak sekali hal lain di luar itu.

Mood. Ya Allah, mood saya jungkir balik sekali. Rasanya seperti PMS, atau lebih parah dari PMS, padahal nggak lagi di tanggal PMS. Saya jadi lebih cepat bereaksi atas hal-hal kecil yang seharusnya bisa saya cuekin aja. Terus perasaan exhausted, atau capek berlebihan. Bukan ngantuk ya, cuma rasanya capek terus. Nggak semangat mau ngapa-ngapain. Rasanya pengen terus-terusan "do nothing" dan menghabiskan hari sama hal-hal yang nggak penting. Ya mager gitu. Keinginan buat makan dan makan terus meningkat. Dikit-dikit laper. Aduh komplit banget ya efek dari nggak tidur berkualitas. Udah baper, eh dikit-dikit laper hehe.

Terus yang lebih parah, saya seperti punya "excuse" buat nggak ngelakuin apa-apa saja yang harus saya lakukan hari itu karena "kekurangan jam tidur". Too bad. Tapi setiap dipaksa tidur tetep nggak bisa, sampai akhirnya tidur di atas jam 2 lagi. Soo sad.

Dulu saya nggak pernah ngerti kenapa orang yang punya niat buat diet harus punya tidur yang cukup. Ternyata saya baru sadar akhir-akhir ini bahayanya. Nafsu makannya nggak terkontrol, mau punya pikiran positif yang bisa dia pakai buat suggest diri kalo diet ini bakal ada efeknya dan berhasil juga pasti susah.

Tapi sedihnya, saya merasa sangat produktif di atas jam 11 malam. Pekerjaan yang numpuk bisa terurai satu demi satu. Tapi ya itu tadi, saya jungkir balik nyiasatinnya. Any suggest or advice for me?


No comments:

Post a Comment

< > Home
Powered by Blogger.
Passion Journal © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.