Tuesday, February 7, 2017

THE HARD PART : SEARCHING MOTIVATION

I remember, waktu itu saya pernah ngerasa aneh karena terus menerus baca tulisan tentang "how to life better" atau liat youtube tentang "morning routine" dan ngerasa dapet semangat lagi habis baca atau liat video itu. Saya nggak suka (atau lebih tepatnya, belum bisa suka) drama korea, atau hal-hal berbau korea lainnya yang bikin candu. Jadi kalau ada temen yang komentar kok sempet banget ngeliat youtube tentang rutinitas orang-orang, saya juga sama herannya, kok mereka sempet dan mau banget nungguin episode drama korea tiap minggunya sampai begadang.

Sampai saya melihat video ini :



Lucu ya, saya waktu itu ngerasa "Oh jadi selama ini saya ngeliat video itu atau baca-baca tulisan itu karena saya berusaha cari sumber motivasi, saya berusaha menyemangati diri sendiri. Dan let me tell you, its the hard part of your life. Jungkir balik cari hal-hal yang terus-terusan bikin kamu semangat ngejer deadline, ngejer target, ngejer mimpi, ngejer apapun yang kamu yakini. Semangat itu harus kita sendiri yang aktif nyari, nggak mungkin ada orang yang akan terus menerus nyemangatin kita pagi-siang-malem. Dan meskipun ada, kadang rasanya beda sama semangat yang kita dapet dari hasil pencarian kita.

Waktu mulai semester kaya sekarang ini, kadang pikiran bisa stuck. Bawaannya pengen review dan review lagi, "why im here?" atau "what im looking for?" perasaan kaya gitu bisa banget buat hari tiba-tiba kelabu. Bawaannya pengen ngeringkuk terus di dalem selimut. Apalagi buat saya pribadi, semester dua ini terlihat berat sekali. Sampai-sampai di awal semester kemarin kita dibekali semacam pelatihan 3 hari berturut-turut yang tujuannya sebagai tabungan memori kalau nanti kita merasa nggak mampu menyelesaikan semester ini, atau kalau kita dirundung emosi-emosi gelap yang selalu mendorong kita buat nyerah aja.

And, I'm here now. Nulis blog lagi. Berusaha menuhin komitmen buat terus tetep nulis apapun yang terjadi semester ini. Dan sepertinya ini sumber motivasi yang besar banget. Saya bercakap-cakap dengan diri saya sendiri. All is well, Han. Semua akan baik-baik saja. Kamu pernah melewati yang lebih berat dari ini. Kalau nanti kamu ngerasa suntikan semangatnya habis, ya nggak usah merasa bersalah banget, itu wajar. Cepet-cepet cari sumber semangat yang baru. Selama ini kamu sudah sering melakukan itu. Just do your best. :)

No comments:

Post a Comment

< > Home
Powered by Blogger.
Passion Journal © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.