Friday, September 4, 2015

JOHN GREEN'S TED TALK AND CERITA DARI MAMA'S BLOG


Pagi ini, saya memutuskan untuk melihat video TED yang sudah saya tandai dengan"watch later" semalam. Judulnya "The Nerd's Guide to Learning Everything Online" yang dibawakan dengan sangat perfecto oleh penulis yang sedang naik daun, John Green. John Green, kaya pernah denger ya? Iya, John Green penulis serangkaian novel best seller mulai dari The Fault in Our Star, Looking for Alaska, sampai Paper Towns dan ada beberapa lagi novelnya, tapi saya lupa. 

Dalam speechnya kali ini, dia bercerita tentang analogi peta New York, masa-masa SMP-SMAnya, dan bagaimana dia bersyukur ada di dalam komunitas yang sangat mencintai belajar. Mereka saling mendukung tiap individu untuk terus berproses, mengerti konsep-konsep dasar, dan semua itu rata-rata mereka dapatkan dari luar kelas. Bukan melalui belajar di kelas yang menurut John Green terlalu kaku dan sangat konvensional. Dan dengan era mega internet sekarang ini, kita bisa belajar apa saja, kapan saja, dan dari mana saja. Tidak peduli kamu seorang profesor, murid sekolah dasar, atau mahasiswa yang sedang skripsian. Semuanya bisa saling belajar melalui postingan Tumblr, atau video Youtube yang maha dahsyat itu. And it so beautiful, when stranger ask something on comment about video, and someone who is stranger too answer that question. Kemauan belajar yang muncul dari hati karena kamu memang benar-benar ingin dan merasa butuh untuk mempelajarinya 1000x lebih indah daripada belajar karena tanggungan tugas, perintah guru, atau perintah atasan.  

Dan tiba-tiba saya menemukan alasan yang selama ini saya cari. Alasan kenapa saya dan Mama begitu bersemangat dan merasa ada kewajiban untuk segera memulai aksi nyata sebagai bentuk peduli kami. Mama dan saya sangat mengamini apa yang John Green sampaikan dalam speechnya, bahwa belajar itu bisa dari mana saja, tidak harus dari guru di kelas saat KBM, belajar bisa dari mana saja, dan cuma butuh dua hal, yaitu KEMAUAN DAN RASA KETERTARIKAN YANG BESAR. Mirip dan setipe waktu kita lagi jatuh cinta dengan seseorang, dan berusaha kepo apapun tentang orang itu. 

Kita melihat bahwa internet sangat-sangat bisa diandalkan untuk itu. Semua informasi bisa diakses disini. Siapapun bisa belajar apapun, kapanpun, dimanapun. Nah ini yang mulai jadi masalah dan menimbulkan kerisauan. Informasi yang beredar di internet ini lebih banyak positif atau negatifnya? Konten dalam bahasa Indonesia, atau web asli Indonesianya lebih banyak yang ke arah positif atau sebaliknya?



That's why we started this blog called, "CERITA DARI MAMA". Kami ingin sharing, belajar, dan ikut andil mewarnai informasi di internet dengan konten yang positif. Kami ingin memfasilitasi anak-anak yang mungkin mulai ada kemauan dan ketertarikan untuk belajar dengan informasi yang positif dan bermutu.

Jadi, kami memulai blog di wordpress (im sorry blogspot), dan akun official di LINE @. Oh? LINE @? Why? Iya, kita membuat akun di LINE @ karena kita melihat bahwa aplikasi ini bisa diakses dan bisa dishare dengan sangat mudah. Kita butuh platform yang sangat dekat dengan pembaca, yang tidak membutuhkan effort lebih untuk mengaksesnya. Dan semua solusi itu untuk sekarang ini kita lihat ada di LINE @. Selain itu, melihat potensi LINE @ yang cukup besar, tapi post-post yang berseliweran di sana lebih sering berisi quotes galau, masalah jodoh, dan prediksi golongan darah, sayang sekali kan? Halooo, mau jadi apa ya anak muda negara ini kalau cuma galau-jomblo-dan-jodoh, jadi bahasan yang terus menerus dibicarakan? Kita butuh postingan yang lebih bermutu dan bisa jadi bahan diskusi yang lebih cerdas. 

Doakan saya dan Mama bisa istiqomah ya. Kalau mau download, bisa search di add friend line : @dao2780o (pake @ ya). Atau scan QR Code di bawah ini dari LINE kamu ya! Thankyouu peoplee!



No comments:

Post a Comment

< > Home
Powered by Blogger.
Passion Journal © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.