Wednesday, November 25, 2015

Because Being A Teacher is My Hidden Dream

Selamat hari guru! Ini percakapan saya dengan Mama pagi tadi. Mungkin kamu mau membacanya. Satu hal sih, jangan pernah malu buat punya cita-cita jadi seorang guru!

Obrolan tadi pagi :

Aku : Ma, kenapa ya kalo ada anak ditanyain cita-citanya apa, atau kalau besar pengennya jadi apa, terus jawab “Aku mau jadi guru..” kebanyakan orang tuanya pasti nambahin.. “Jadi dokter aja Nak, dokter itu mulia”. Atau “Iya, jadi gurunya mahasiswa ya, jadi dosen.” Kesannya kaya jadi guru itu bukan pilihan pertama.

Mama : Iya, trus nanti waktu uda mau kuliah bilangnya, “Uda cobain yang lain dulu.. nanti kalo nggak terima mana-mana baru coba pendidikan guru..”

Aku : Bangeet Maa.. hehe. Separah itu kah jadi guru?

Mama : Yah mungkin pandangan orang tua, jadi guru itu gajinya rendah, nggak sebanding sama kerja kantoran atau kerja Bank. Apalagi guru swasta, bukan PNS, gajinya berapa.. PAUD di sebelah rumah itu, padahal muridnya banyak kan, gaji gurunya paling nggak sampe 300 ribu sebulan. Orang tua kan takut hidup anak-anaknya jadi nggak sejahtera.

Aku : 300 ribu sebulan Ma? Makan apa Ma? Itu di luar uang transport kan?

Mama : Sayangnya, itu sudah sama transport. Ya memang segitu gajinya. Akhirnya efeknya ke muridnya. Waktu gajinya uda habis, dan tanggungan di depan mata, guru itu ngajarnya jadi bentak-bentak, marah-marah terus. Ya wajar, kebutuhan hidupnya nggak terpenuhi. Waktu ngajar jadi nggak konsentrasi, kepikiran gimana cara bayar hutang, gimana cari uang tambahan..

Aku : Iya sih Ma, balik-balik lagi soal gaji ya. Padahal kan uda ada sertifikasi, uang impasing, banyak lah tunjangan buat guru..

Mama : Iya, sertifikasi emang membantu banget, apalagi kalo dapet impasing, bisa 2x lipat dapetnya. Tapi dapet sertifikasi itu juga ga jamin kualitas gurunya.. Apa ya, kesannya kaya cuma ngejer gaji aja.. padahal sertifikasi itu kan tunjangan, bisa kapan aja dicabut sama pemerintah. Jadi kaya ketakutan gitu uang sertifikasinya dicabut, jadi syarat birokrasi yang ribet mau nggak mau diturutin demi tetep dapet sertifkasi. Akhirnya ngajarnya nggak maksimal..

Aku : Iya tapi itu kan haknya Ma. Uda rejekinya.

Mama : Iya, Mama tau. Tapi ya seharusnya emang pola penggajiannya aja yang dirubah. Kalo patokan gaji guru uda di atas rata-rata, akhirnya kualitas guru yang tersaring dari awal memang uda maksimal. Akhirnya anak-anak muda, orang-orang profesional, mau terjun ngajar anak TK, anak Playgroup, anak SD. Di Finlandia dan negara-negara yang memang memperhatikan pendidikan itu anak Playgroup – TK diajar langsung sama professor. Mereka bener-bener peduli bagaimana caranya otak anak dibangun secara maksimal di usia golden agenya..

Aku : Masalahnya Ma, di Indonesia ini, pendidikan belum jadi hal yang paling utama buat dipikirkan. Masih setengah-setengah. Jadi guru selalu dipandang sebelah mata. Banyak sih PR nya, nggak bisa nyalahin pemerintah juga. Masyarakatnya sendiri juga belum bener-bener yakin kalo pendidikan itu jalan keluar dari setiap masalah yang ada.

Mama : Iya, tapiiii bukan berarti kita harus kehilangan semangat. Kehilangan harapan. Pasti suatu saat nanti akan tiba masanya kualitas pendidikan, kualitas guru kita, bisa sejajar dengan negara-negara lain.
 
Aku : Semoga Ma, Aaamiiiin.




Obrolan-obrolan yang rada aneh, twitty, (dan semoga ada maknanya) antara saya dan Mama bisa dibaca di blog kita. Ini liknya : http://bit.ly/1MBMsml 

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

< > Home
Powered by Blogger.
Passion Journal © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.