Saturday, October 6, 2018

I Found You, Bung Hatta


Mungkin ini post yang terlewat personal, tolong dimaafkan. Atau post yang pertama kali terkait romansa yang pernah kutulis, sejauh yang bisa kuingat.

Malam ini, sehabis menyelesaikan buku seri Tempo tentang Bung Hatta, aku mendapatkan pencerahan sosok seperti apa yang aku anggap ideal untuk jadi teman hidupku sampai kiamat, sampai ajal menjemput.

To the point, Ya Allah, aku mau yang seperti Bung Hatta.

Akhirnya aku tau kriteria seperti apa yang aku cari, sehingga mungkin setelah ini doaku tentang teman hidup bisa lebih terfokus, hehe. Selama ini kalau ditanya, "Mau yang kaya gimana sih Han?" Bisa dipastikan aku nggak akan bisa jawab pertanyaan itu. Kriteria teman hidup masih belum berbentuk konstruk yang jelas dalam imajinasiku. Paling cuma jawab, yah ya gitu, yang baik, yang agamanya bagus lah. Tapi aku nggak bisa bilang secara spesifik seperti apa sosok yang menurutku ideal.

Sebelumnya perlu dipahami, kejelasan kriteria teman hidup yang aku dapatkan pencerahannya malam ini, tidak semena-mena harus yang spesifik seperti itu, sehingga aku cuma mau menikah dengan yang karakteristiknya persis kaya Bung Hatta. Aku percaya dan yakin, Allah akan menyandingkan aku dengan orang yang aku butuhkan, yang baik untuk hidupku di masa sekarang dan yang akan datang. Karena aku nggak bisa melihat masa depanku seperti apa, tapi Allah bisa. Aku percaya, idealku dan ideal Nya bisa jadi 180 derajat berkebalikan. Dan aku nggak punya masalah terkait itu. Aku yakin sama takdir Allah.

Tapi, dengan menemukan kriteria ideal ini, aku bagaikan menguak tabir misteri awal yang selama ini berusaha aku cari tapi belum pernah terasa pas. Ternyata, aku jatuh cinta dengan semua tabiat Bung Hatta. Hehehe

Kriteria Bung Hatta yang seperti apa? Yang piawai mengelola emosinya, peduli akan keluarganya, bisa menjaga komitmennya akan apapun, tidak haus harta dan kedudukan, agama dijunjung tinggi dalam kondisi apapun namun tidak berusaha cari panggung atau kekuasaan dengan agama, dan menghargai serta selalu haus akan ilmu pengetahuan. Dan berbagai kriteria lain yang rasa-rasanya terlalu panjang apabila dituliskan dengan komplit di sini. Tapi biarlah sekelumit kriteria positif itu mewakili apa yang paling aku cari dari sosok teman hidupku kelak.
Bung Hatta dan istrinya, Rahmi Hatta

Sekali lagi, Ya Allah aku mau yang seperti Bung Hatta. Aku tau Engkau Maha Pendengar, aku tau Engkau Sebaik-baiknya Penolong. Segera pertemukan aku dengan teman hidup kualitas seperti itu, apabila Engkau Berkehendak. Aaamiin.

No comments:

Post a Comment

< > Home
Powered by Blogger.
Passion Journal © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.