Thursday, December 17, 2015

Self Experiment : Not Sleep After Shubuh


Bonjouuur! Selamat pagi. Ini postingan hari pertama self experiment yang saya jadwalkan. Self experiment? Iyaa, jadi gini.. sebelum 2015 berakhir, saya ngerasa kalo habbit yang paling susah saya hilangkan adalaah tidur lagi setelah sholat Shubuh. Ya Allaah, its too haard. Selama ini saya sudah mencoba berbagai cara, tapi belum benar-benar bisa jadi new habbit, mungkin karena saya belum usaha maksimal, dan niatnya kurang bulet. Di satu sisi saya yakin sekali kalau nggak tidur setelah Shubuh itu membawa banyak sekali manfaat dan berkah. Tapi di sisi lain, saya terbiasa tidur sampai larut malam karena saya merasa sangat produktif di atas jam 9 malam. Jadi jam tidur saya selalu kurang kalau saya tidak tidur setelah Shubuh. Misalnya saya tidur jam 1 malam, ketika bangun jam 4.30, jam tidur saya baru 3,5 jam. Saya butuh 3-4 jam lagi untuk benar-benar bugar. Akhirnya saya tidur lagi dan bangun jam 8 pagi.

2015 sudah mau berakhir nih, saya harus meyakinkan diri saya kalau sebenarnya saya bisa kok nggak tidur lagi sehabis Shubuh kalau benar-benar komitmen. Saya akan mencoba berbagai macam cara dan stimulasi agar saya semangat bangun waktu Shubuh dan nggak tidur lagi setelahnya. Mungkin cara-cara yang saya temukan selama 15 hari kedepan bisa jadi metode yang pas untuk saya pakai ke depannya, atau mungkin saja bisa bermanfaat buat orang lain yang baca postingan ini.

Start hari pertama, hari ini tanggal 17 Desember 2015 dan akan berakhir di tanggal 31 Desember 2015. Setiap harinya, saya akan menulis perkembangannya di blog ini, sebagai bahan monitoring dan semangat buat saya karena ada banyak yang membaca dan ikut memantau, syukur-syukur kalau mau ikut menyemangati hehe.

Untuk hari pertama ini, Alhamdulillah saya berhasil tidur jam 10.30 malam kemudian bangun jam 4 pagi dan belum tidur lagi sampai sekarang jam 10 pagi. Saya berhasil melakukan banyak hal, dari menyiapkan pesanan, membuat beberapa tulisan dan ke pasar, hehe.

Cara yang berhasil buat pagi ini : Saya niatan bangun sebelum adzan Shubuh, sahur, sikat gigi yang lamaa, sampai benar-benar sadar lalu sholat. Aaand its work baby. How about tomorrow? We will see. Wish me luck!

image from this

No comments:

Post a Comment

< > Home
Powered by Blogger.
Passion Journal © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.