Friday, December 11, 2015

You Can't Control Everything

Fiuh. Beberapa hari terakhir ini saya sibuk sekali. Alhamdulillah. Sampai-sampai rasanya tiap mau tidur, otak terasa sangat panas dan berdesing parah. Hampir 17 jam saya bekerja non stop hari-hari ini. Menyiapkan pesanan, dan menjalankan beberapa project yang deadlinenya semakin menghantui. Saya berusaha mengkontrol semuanya secara rapi. Schedule sudah saya buat jauh-jauh hari. Hari ini harus selesai ini, besok pagi potongin ini, selesai rapi besok lusa jam segini. Tapi kamu tau? Ada banyak sekali hal yang memang tidak bisa kita kontrol meskipun kita sudah berusaha maksimal. Dan ketika kamu merasa sangat tegang dikejar deadline, kemudian capek karena otak terus-terusan dipaksa untuk bekerja, maka selanjutnya hal-hal kecil yang biasa datang dan tidak terlalu mengganggu, akan menjelma menjadi hal-hal besar yang sangat mengganggumu. Kamu akan mudah sekali marah karena hal-hal remeh. Hal-hal yang biasanya bisa kamu sikapi dengan tersenyum kemudian tertawa menyadari kebodohanmu.

Setelah beberapa hari menjalani ritme seperti ini, tadi sore saya menyerah. Saya butuh istirahat. Saya tidak mood buat melanjutkannya lagi. Saya ingin makan coklat dan tidur. Saya tiba-tiba tidak bisa berbasa-basi, tidak bisa menanggapi pembicaraan Mama. Saya butuh tidur. 

Ternyata setelah tidur sore pun, saya belum benar-benar kembali ke mood normal. Beruntung sekali saya memiliki Mama yang bisa menyikapi dan tanggap dengan keadaan seperti ini. Mama berkali-kali meyakinkan kalau saya capek dan jenuh, kemudian mengajak saya keluar buat makan malam. Diperjalanan saya berpikir banyaak sekali. Dan meyakini bahwa memang ada banyak hal yang tidak bisa kita kontrol, dan dalam keadaan dikejar deadline, kita menjadi lebih sensitif dengan hal-hal yang tidak bisa terkontrol itu. Sensitif dan emosi tidak terkendali. Kalau sudah seperti itu, kita harus bisa mengambil jeda, memaafkan diri sendiri, berdamai dengan diri sendiri, dan yakin bahwa Allah menyiapkan banyak sekali pelajaran kalau kita mau berpikir. 

Deadline memang sangat menghantui, tapi jangan sampai kita jadi sangat kerdil karena tidak bisa mengontrol emosi selama mengejar deadline itu. Latihan pernafasan, lari, dan yoga, juga minum banyak air putih, mungkin bisa membantu. Kita manusia, banyak sekali lemahnya, banyak sekali kurangnya, dan banyak sekali lupa bersyukurnya. 

Good Night everyone!

Pic from here

No comments:

Post a Comment

< > Home
Powered by Blogger.
Passion Journal © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.